Wednesday, February 20, 2013

Dampak Globalisasi


1.    Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

1.     Bidang Politik
        Politik merupakan salah satu dimensi yang mendapat pengaru besar dari proses globalisasi. Perkembangan politik dunia dengan adanya globalisasi telah merujuk pada terbentuknya sistem konglomerasi atau pengelompokan negara-negara di dunia menjadi negara maju, negara berkembang dan negara terbelakang. Akibatnya negara yang tergolong majuncenderung bersikap memiliki kekuasaan berlebih dibanding negara lain. Adapun dampak positif dan negatif globalisasi adalah sebagai berikut:
a.    Dampak Positif
1)  Pemerintahan dijalankan secara terbuka (transparan) dan demokratis.
2) Meningkatkan partisipasi rakyat dalam pemerintahan.
3) Meningkatkan legtimasi pemerintah yang sedang berkuasa sehingga setiap kebijakan yang diambil mendapat dukungan dari rakyat.
4) Mendorong kreativitas rakyat sehingga menjadi alat kontrol dan pengawas yang efektif untuk mengawasi tindakan pemerintah.
5) Semakin banyaknya organisasi nonpemerintah, partai politik dan LSM yang menyuarakan HAM dan aspirasi rakyat.
6) Mencegah terjadinya praktek KKN karena rakyat dapat mengawasi secara langsung apabila terjadi penyelewengan kekuasaan oleh pemerintah.
b.    Dampak Negatif
1)  Penyebaran nilai-nilai politik barat baik secara langsung maupun tidak langsung seperti demonstrasi/unjuk rasa yang anarkis dan tidak mementingkan kepentingan umum.
2) Semakin lunturnya nilai-nilai politik berdasarkan semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong.
3) Semangat menguatnya nilai-nilai politik yang berdasar semangat individual, kelompok, dan tirani minoritas.
4) Adanya ancaman disintegrasi bangsa dan negara yang akan menggoyahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.    Bidang Ekonomi
        Bidang ekonomi merupakan dimensi yang paling besar mendapat pengaruh dari globalisasi. Globalisasi telah menyebabkan pengintegrasian ekonomi secara global. Akibatnya, antar negara di dunia akan saling ketergantungan. Jumlah perusahaan-perusahaan terus meningkat dan sangat memungkinkan terjadinya peleburan antara perusahaan asing dan perusahaan nasional. Adapun dampak positif dan negatif globalisasi adalah sebagai berikut:
a.    Dampak Positif
1)  Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
2) Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk melahirkan produk-produk berkualitas, kreatif, dan dibutuhkan oleh pasar dunia.
3) Dapat memperoleh banyak modal dan teknologi yang lebih untuk meningkatkan perekonomian nasional.
4) Kompetisi produk dan harga yang semakin tinggi sejalan dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang selektif.
5) Mendorong kita untuk memproduksi barang-barang berkualitas tinggi
6) Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia.
7) Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata, sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia
8) Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efesiensi dan menghilangkan biaya tinggi

b.    Dampak Negatif
1)  Pengusaha yang memiliki modal besar akan semakin kuat dan pengusaha yang lemah semakin tersingkir dan terjatuh.
2) Orang menjadi bertambah konsumtif. Bertebarannya iklan lewat media massa merangsang orang untuk membeli barang atau jasa tersebut walaupun sebenarnya barang atau jasa tersebut tidak dibutuhkan.
3) Sektor-sektor ekonomi rakyat yang disubsidi semakin berkurang, koperasi sulit, modal yang lemah akan tersingkir.
4) Dengan adanya pasar bebas, akan membuka pintu lebar bagi masuknya produk asing. Hal ini tentu dapat mengancam eksistensi produk dalam negeri.
5) Terjadinya kesenjangan yang tajam antara tingkat perekonomian di negara maju dengan negara-negara berkembang.
6) Dengan adanya makanan impor maka sebagian besar generasi muda kita lebih merasa bergengsi dapat menikmati makanan bermerek internasional tersebut , sehingga tidak mengenal lagi makanan – makanan tradisional.

3.    Bidang Sosial Budaya
        Salah satu tanda bergulirnya arus globalisasi adalah meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terutama teknologi komunikasi pada abad ke-20 mengalami perkembangan pesat, yakni dengan meningkatnya penggunaan telepon genggam, penciptaan robot yang membantu kegiatan manusia, dan penggunaan media internet untuk menggali informasi sekaligus media komunikasi dengan orang lain yang berada di seluruh dunia. Adapun dampak positif dan negatif globalisasi adalah sebagai berikut:
a.    Dampak Positif
1)  Kemajuan teknologi  menjadikan orang kian kosmopolit. Orang menjadi terbuka dan menerima orang lain, orang menerima perbedaan sebagai hal baik.
2) Interaksi antar budaya melalui media elektronik dan bacaan membuat orang toleran terhadap cara pandang yang berbeda. Dengan demikian saling pengertian antar warga masyarakat dapat meningkat.
3) Meningkatnya pembelajaran tentang tata nilai sosial budaya dan pola pikir masyarakat.
4) Pesatnya penggunaan teknologi yang semakin canggih.
5) Meningkatnya etos kerja, disiplin, kerja keras, rasional, dan mempunyai jiwa kemandirian.
6) Kita dapat mengambil atau belajar dari tata nilai sosial budaya , cara hidup , pola berpikir yang baik maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita.
b.    Dampak Negatif
1)  Masuknya pengaruh asing yang bertentangan dengan budaya, etika, dan moralitas lokal dapat menyebabkan terjadinya kemerosotan akhlak dan  sopan santun terutama dikalangan remaja.
2) Lunturnya semangat kekeluargaan, solidaritas, kepedulian dan kesetiakawanan.
3) Semakin memudarnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4) Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan sifat individualis.
5) Tumbuhnya gaya hidup sbb:
a.    Konsumerisme : pola konsumsi yang berlebihan
b.    Pragmatisme    : melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat saja
c.    Hedonisme      : mengutamakan kepentingan duniawi semata
d.    Individualistis   : mengutamakan kepentingan diri sendiri
6) Rasa kekaluargaan yang akan berkurang dengan adanya jiwa individualis
7) Kesenjangan social semakin tajam
8) Budaya-budaya tradisional kita akan tergeger oleh budaya negra lain.

4.    Bidang Hukum Pertahanan dan Keamanan
        Di era globalisasi penyelenggaraan pemerintahan dituntut agar berjalan secara transparan atau terbuka. Demikian juga pelaksanaan hukum harus ditegakkan agar tercipta keadilan bagi seluruh rakyat. Adapun dampak positif dan negatif globalisasi adalah sebagai berikut:
a.    Dampak Positif
1)  Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap pelaksanaan hak-hak asasi manusia.
2) Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan orang banyak.
3) Mempermudah untuk menjalin kerja sama dengan negara tetangga dalam rangka menjaga keamanan wilayah bersama.
4) Semakin menguatnya tuntutan pada aparat penegak hukum dan hankam agar bertindak secara profesional, transparan dan akuntabel.
5) Dengan jaringan komunikasi dan teknologi modern dapat mempermudah pihak keamanan memantau dan mengatasi berbagai ancaman dan gangguan terhadap bangsa dan negara.
b.    Dampak Negatif
1)  Meningkatnya kejahatan internasional berupa aksi penyelundupan obat-obatan terlarang, minuman keras, senjata, dan sejenisnya.
2) Meningkatnya gangguan internasional berupa teroris yang sewaktu-waktu dapat menghancurkan kehidupan bangsa Indonesia.
3) Para penjahat telah menggunakan teknologi modern dan jaringan internasional sehingga tugas aparat semakin berat.
4) Peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban berkurang karena hal tersebut telah menjadi tugas dan kewenangan dari pihak yang berwajib.
5) Semakin banyaknya tuntutan untuk memisahkan diri dari NKRI dan ingin membentuk negara sendiri. Hal ini merupakan ancaman bagi kedaulatan dan keutuhan NKRI.


Kesimpulan:
Segala sesuatu pasti ada dampak positif maupun negatifnya. Begitupun juga dengan globalisasi. Globalisasi telah mendunia, pengaruhnya di berbagai bidang misalnya: bidang politik, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, bidang hukum dan pertahanan  dan masih banyak lagi. Kita tidak dapat menutup diri dari dunia luar atau dari efek globalisasi namun kita dapat menyaring pengaruh globalisasi misalnya dengan meninjau untung ruginya kita melakukan hal tersebut melihat efek jangka panjangnya bagi diri kita maupun bagi bangsa dan negara dengan demikian kita dapat mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia namun tetap mengikuti perkembangan-perkembangan dunia luar.


1 comment:

  1. Happy Luckyluke | ThTopBet
    This is a free to play online casino games with lots of bonuses. クイーンカジノ Here happyluke are the top three games you can 카지노사이트 play on Luckyluke. Register now!

    ReplyDelete